SkyscraperCity banner

21 - 40 of 355 Posts

·
entendre privilege
Joined
·
37,502 Posts
Discussion Starter #22
sesuai dengan pertemuan tidak sengaja Gw sama orang survey jalur Rel KA di Musi Banyuasin:) Bisa-bisa nantinya Sekayu ada Stasiun Kereta api neh^^
 

·
Banned
Joined
·
2,798 Posts
Ogan Permata Palembang Bangun Mal di Perumahan


Kamis, 17 Februari 2011 | 18:24 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Grup PT Sekawan Kontrindo yang membangun perumahan Ogan Permata Indah, dalam waktu dekat membangun pusat perbelanjaan di kawasan perumahan yang berlokasi di kawasan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

"Pusat perbelanjaan ini akan melengkapi fasilitas lain yang sudah dibangun lebih dulu, yaitu gedung pertemuan dan waterboom," kata Hendarmin, Direktur PT Sekawan Kontrindo kepada Kompas.com, pekan lalu di Palembang.

Grup pengembang ini membangun proyek perumahan Ogan Permata Indah sejak tahun 1997 lalu di lahan seluas 120 hektar. Tahap pertama, pengembang ini membangun RSS, setelah itu rumah sederhana, dan sejak tahun 2007 lalu, mulai membangun rumah menengah atas. Dari 120 hektar, tinggal 70 hektar lahan yang masih kosong.

Kawasan Jakabaring saat ini makin ramai. Terutama setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyatakan akan memindahkan seluruh kantor pemerintahan ke Jakabaring. Berbagai kompleks perumahan dibangun.

Tahun 2004 dibangun perumahan khusus PNS. Ketika PON digelar di Palembang tahun 2004, atlet dari berbagai provinsi diberi tempat tinggal di rumah-rumah tipe 36.

Menurut Hendarmin, pihaknya mulai membangun rumah-rumah kelas atas di klaster Cendana sebanyak 55 unit. Harga rumah antara Rp 600 juta dan Rp 1 miliar. "Rumah-rumah ini pun habis terjual," kata generasi kedua perusahaan Sekawan Kontrindo ini.

Pembeli rumah di Ogan Permata Indah sebagian besar orang Palembang sendiri, selebihnya orang luar Palembang.

Perusahaan ini awalnya perusahaan kontraktor terbesar di Sumatera Selatan, yang kemudian mengembangkan usaha lain ke bisnis perkebunan, supplier, dan properti.

Larisnya penjualan rumah di Jakabaring sebagai dampak tingginya harga komoditas alam mulai karet sampai sawit. Banyak petani karet dan sawit yang membeli rumah di Jakabaring. Mereka menyekolahkan anak-anak mereka di perguruan tinggi yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakabaring.

Sampai awal tahun 2011, jumlah penduduk perumahan Ogan Permata Indah tercatat 2.000 keluarga, belum termasuk 1.000 keluarga PNS. Di kawasan Jakabaring terdapat pula danau aset pemprov seluas 10 hektar. Danau ini menjadi tempat wisata pada setiap akhir pekan. Sayangnya tidak dikelola dengan baik.

Hendarmin berharap pemerintah membuat citra Jakabaring menjadi lebih baik, tidak lagi sebagai tempat jin buang anak.

Hendarmin berpendapat prospek properti di Kota Palembang sangat bagus. "Selama harga komoditas alam tetap tinggi, dan dukungan suku bunga yang relatif rendah, sekitar 8,8 persen, pembelian rumah tetap tinggi," kata alumnus SMA Xaverius I Palembang lulusan tahun 1994. (KSP)
 

·
entendre privilege
Joined
·
37,502 Posts
Discussion Starter #25
Siap Berinvestasi di TAA
Kamis, 24 Februari 2011



Pada 24 Desember 2010 lalu, PT Pupuk Sriwidjaja berulang tahun yang ke -5. Ibarat manusia, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang kini sedang matang-matangnya. Namun, dengan keberadaan sejumlah pabrik pupuk lain di Indonesia, usia keemasan dan restrukturisasi ini bisa dikatakan sebagai titik penentuan. Semakin maju dan berkembang atau malah sebaliknya.

---------------------

Kesempatan PT Pupuk Sriwijaya untuk semakin besar sedang terbuka lebar dengan keberadaan Tanjung Api-Api (TAA). Pemerintah pusat telah menetapkan areal ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tak tanggung-tanggung, pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan telah mengalokasikan lahan untuk Pusri membangun pabrik barunya di kawasan ini.

Perusahaan pupuk yang membawa nama besar kerajaan Sriwijaya ini sendiri punya komitmen untuk ikut menyukseskan pembangunan Sumatera Selatan. Direktur tama (Dirut) PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, Drs Eko Sunarko bahkan telah mendapatkan penjelasan langsung dari Gubernur Sumatera Selatan, Ir H Alex Noerdin seputar pengembangan kawasan TAA.

“Pak Gubernur menjelaskan hasil dari pertemuan selama dua hari di Bogor. Salah satunya bahwa TAA ini sudah menjadi kawasan ekonomi khusus. Menjadi tempat untuk mengembangkan industri di sana dan kita (Pusri, red) diberikan alokasi lahan untuk bangun pabrik baru NPK,”bebernya.

Selain Pusri, memang sudah ada sejumlah pabrik dan industri yang akan dibangun di kawasan TAA ini. Misalnya saja dari PT Nalco akan membangun pabrik pengolahan alumunium terbesar kedua di dunia. Kemudian pabrik lain berbasis bahan kimia, pengolahan produk dari karet dimana Sumatera Selatan punya potensi besar karet alamnya serta rencana investasi lain.

8 Februari lalu, calon investor Jordan Phosphate Mining Company (JPMC) datang ke PAlembang dan telah melakukan pembicaraan serius untuk melakukan detail engineering design (DED) dan membangun pabrik NPK di kawasan TAA. Rencananya, pabrik ini akan dibangun secara join, hanya saja belum ditentukan berapa besar dana, sharing dan lainnya.

Jika JPMC membangun pabrik phosphate, maka PT Pupuk Sriwidjaja Palembang akan membangun pabrik ureanya. Sehingga tinggal pabrik K untuk menjadikan pabrik baru di TAA ini sebuah pabrik terintegrated. “Kita siap, tinggal tunggu perkembangannya dan kesiapan dari kawasan TAA. Mohon dukungan semua agar Pusri bisa segera membangun di sana. Semua untuk pengembangan Sumatera Selatan juga,”bebernya.

Untuk pabrik baru, Eko mengatakan pihaknya fokus di kawasan TAA, seperti yang telah disiapkan lahannya oleh pemprov Sumsel. Meski ada rencana juga untuk mengembangkan Tanjung Carat (daerah terluar dari TAA), tapi pada lokasi yang disiapkan pemerintah punya kedalaman sekitar 24 meter. Menurutnya, kedalaman itu sudah lebih dari yang diharapkan. Tidak seperti di alur Musi yang hanya mampu dilayari kapal 5000 GT.

“Dengan 18 meter saja, sudah bisa masuk Panamex 40 ribu GT. Ini akan mendukung pengembangan industri Pusri lebih bagus ke depannya. Makanya harus dilaksanakan,”tegas Eko. Pabrik lama yang ada saat ini tetap akan beroperasional dengan bahan baku gas. Kontrak dengan Pertamina akan berakhir 2012 mendatang. Suplai saat ini rata-rata 92 persen. Sedang dilakukan pembicaraan perpanjangan pembelian gas.

Namun, belum ada kesepakatan, utamanya soal harga jual beli. “Untuk harga belum deal, tapi kita optimis bisa dicapai nantinya harga saling menguntungkan. Kita cari win-win solution lah,”pungkasnya. Pabrik baru di TAA akan dioperasionalkan dengan bahan baku batubara. Ada proses gasifikasi, hingga kemudian pupuk menjadi amoniak dan turunannya.(martha)

source:
http://www.sumeks.co.id/index.php?o...:siap-berinvestasi-di-taa&catid=125:head-news
 

·
. : Visit MUSI 2019 : .
Joined
·
2,246 Posts
Siap Berinvestasi di TAA
Kamis, 24 Februari 2011
semoga bisa terlaksana dengan baik dan lancar hingga bisa membawa dampak yang lebih besar lagi bagi kemajuan Sumsel dan menjadikan Sumsel sebagai propinsi pusat industri di Indonesia...
 

·
entendre privilege
Joined
·
37,502 Posts
Discussion Starter #27
Dampaknya sangat besar, apalagi makin marak yang namanya macet di penyeberangan Bakauheni - Merak, pengalaman Gw sampai saat ini banyak project yang tertunda:)

Besar buat kemajuan Sumatera Bagian Selatan!:eek:kay:
 

·
Registered
Joined
·
282 Posts
aaa

yg sy bingungkan nanti fungsinya gimana ini,krn disekitar pelabuhan sndr ad beberapa pelabuhan barang swasta,n pelabuhan batubara yg beroperasi...blm lg yg ad dipalembang sendr ky pelabuhan boom baru,tus yg di dkt boom baru maupun kertapati...apa mesti dipusatkan di TAA y?:eek:hno:
 

·
. : Visit MUSI 2019 : .
Joined
·
2,246 Posts
yg sy bingungkan nanti fungsinya gimana ini,krn disekitar pelabuhan sndr ad beberapa pelabuhan barang swasta,n pelabuhan batubara yg beroperasi...blm lg yg ad dipalembang sendr ky pelabuhan boom baru,tus yg di dkt boom baru maupun kertapati...apa mesti dipusatkan di TAA y?:eek:hno:
kalau untuk boom baru aku denger emang dipindahkan ke TAA. Tapi kalau kertapati, dan dll. itu kan pelabuhan penyebrangan..., jadi insya Allah akan tetap sesuai fungsinya di sungai musi
 

·
Registered
Joined
·
282 Posts
aaa

mksd sy pelabuhan batubarany yg di kertapati n pelabuhan penyebrangan ferry di sekitar gandus...
lagian lokasi menuju TAA itu sangat sangat jauh dan luas baget daerahnya...
dan dsana jg ud berdiri bbrp pabrik,dan jg beberapa bagian ud dipatok n mulai ditimbun
 

·
. : Visit MUSI 2019 : .
Joined
·
2,246 Posts
ow, menurut pendengeran aku sih kalo pelabuhan penyebrangan mereka nggak dipindah karena sekalian buat memudahkan masyarakat Palembang untuk bepergian, misal ke Bangka. Tapi kalo tujuan berbeda yang secara luas kemungkinan langsung dari TAA, karna itu pelabuhan samudera, termasuk terminal batubaranya...
 

·
entendre privilege
Joined
·
37,502 Posts
Discussion Starter #32
Juli, Operasional Dermaga TAA
Sriwijaya Post - Minggu, 6 Maret 2011 14:25 WIB

PALEMBANG, SRIPOKU.COM - Dermaga penyeberangan Palembang-Mentok (Babel) yang dibangun di kawasan Tanjung Api-Api (TAA), direncanakan Juli 2011 ini bakal dioperasikan. Saat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Infokom Sumsel menunggu pembangunan akses jalan utama sepanjang 3,4 km oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga yang kini sedang proses pengerasan. Jika rencana ini terwujud maka perlayaran ke Bangka hanya ditempuh 2-3 jam saja.

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH, Sabtu (5/3/2011) mengatakan, jika dermaga penyeberangan TAA sudah operasi, maka secara otomatis kapal-kapal angkutan barang dan penumpang di 35 Ilir akan digeser ke TAA. "Jarak Tanjung Api-api ke Bangka hanya dilalui beberapa jam saja," katanya, seraya menambahkan kalau izin lintasan dari Kementerian Perhubungan sudah turun, sedangkan izin angkutan penumpang tujuan dermaga penyeberangan TAA sudah dikeluarkan.

Setelah dibukanya jalur perintis dari Terminal Alang-alang Lebar (Albar) ke TAA dengan tiga unit bus milik Perum Damri (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) kapasitas 24 tempat duduk maka operasional dermaga penyeberangan sudah bisa dilakukan di pertengahan 2011.

Sementara itu, Kadishub dan Infokom Sumsel Ir H Sarimuda MT menilai secara ekonomis dermaga penyeberangan TAA lebih menguntungkan bagi penumpang dan truk barang, dibanding di Dermaga 35 Ilir, khususnya waktu penyebarangan. Kapal ferry (roro) mulai dari muara Sungai Musi menuju pelabuhan 35 Ilir, butuh waktu 5-6 jam sehingga kapal terlalu lama di perlintasan Sungai Musi. Jika kapal memasuki Sungai Musi dengan kecepatan tinggi, warga di pinggiran sungai akan ribut protes karena rumah mereka terganggu gelombang.

Sementara jika di dermaga TAA, kapal bisa langsung menyeberang ke laut dan menuju Mentok sehingga tidak ada hambatan. "Perjalan darat dari Palembang ke dermaga TAA hanya butuh waktu 90 menit,” ungkap Sarimuda.

source: http://palembang.tribunnews.com/view/61936/juli_operasional_dermaga_taa_
 

·
Registered
Joined
·
282 Posts
bgslah klo gt...kyny udh bisa beroperasi,tp sy gk tw apa akses menuju ke pleabuhan udh bagus y???
terakhir sy kesana ada bbrp kilometer lg jalan yg belum dicor...trus jg klo udh full beroperasi,kayanya jalanny perlu dilebarin lg...
 

·
Indonesian Malay
Joined
·
1,837 Posts
Feasibility study-nya sudah selesai yang dilakukan oleh PT. Andani Sumatera Selatan dan PT. Servo, sekarang proses legal feasibility dan economic feasibility.

Panjang Double track untuk rel kereta api bertambah, dari rekaan semula 270 km menjadi 293 km.

Dan ada juge pembuatan jalan khusus angkutan batubara pada tahap I panjangnye 116 km dari Lahat ke Ulu Musi Palembang. Tahap II nye dari Ulu Musi ke TAA sepanjang 90 km. Jadi cem jalan umum untuk angkutan batubara sahaje:)
 

·
. : Visit MUSI 2019 : .
Joined
·
2,246 Posts
bakal double ongkos ya kalo mau ke Bangka setelah semua beroperasi (bus perintis DAMRI dan kapalnya)...
But it's OK, jalan2 juga tuh keluar Palembang naek DAMRI ke TAA
 

·
Swarnadwipa
Joined
·
657 Posts
TAA Diresmikan Agustus 2011

TAA Diresmikan Agustus 2011

Sriwijaya Post - Rabu, 23 Maret 2011 17:19 WIB

PALEMBANG, SRIPOKU.COM - Kalau tidak halangan Pelabuhan Tanjung Api-api akan diresmikan Agustus 2011 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan dan KomunikasiInformatika Sumsel Ir H Sarimuda, MT usai manyampaikan materinya dalam acara Dialog Interaktif Curah Persona Tebar Solusi yang diadakan KAPAKKN Palembang di Bukit Golf Resto & Resto Cafe, Rabu (23/3/2011) pagi.

"Insyaallah Pelabuhan TAA akan diresmikan Agustus 2011. Dengan di resmikan TAA pelabuhan 35 Ilir akan dipindahkan ke sana. Sedangkan pengembangan pelabuhan peti kemas Boom Baru, akan dimulai tahun 2012," katanya.
Zainal Piliang; Editor: Vanda Rosetiati


sumber : http://palembang.tribunnews.com/view/63433/taa_diresmikan_agustus_2011
 

·
entendre privilege
Joined
·
37,502 Posts
Discussion Starter #37
Great News!! thanx SabiKinKing:)
 

·
. : Visit MUSI 2019 : .
Joined
·
2,246 Posts
^^ Padahal dulu mau dibangun jadi pelabuhan samudera ya? Semoga aja secara bertahap pembangunannya bakal terus dilanjutin sesuai rencana
 

·
vampire
Joined
·
2,292 Posts
anyway kereta double-track sama Jalan Tol yg akses langsung ke sana itu mulai jalan konstruksinya kapan ya? jadi nggak tuh?
ada yg punya pic terbaru TAA?
 
21 - 40 of 355 Posts
Top