SkyscraperCity banner

1 - 20 of 4264 Posts

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #1 ·
SUBOSUKAWONOSRATEN, apa itu?

Orang di luar wilayah eks Karesidenan Surakarta mungkin menerka-nerka itu adalah gelar yang diberikan oleh Keraton Surakarta Hadiningrat atau Mangkunegaran kepada seseorang yang dianggap berjasa.

Subosukawonosraten adalah sebuah singkatan dari gabungan nama daerah, yakni Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten.
Di telinga kata itu memang terdengar asing. Di otak sulit diingat. Apalagi bagi orang-orang tua. Singkatan tersebut terlalu panjang. Padahal nama itu sudah "diekspor" ke Jerman ketika para pejabat daerah itu diundang sebuah lembaga konsultan pembangunan ekonomi kewilayahan dari negara itu untuk mengunjungi negara yang dipimpin oleh Kanselir Gerhard Schroeder.

Singkatan itu dibuat dengan tujuan antara lain untuk memajukan daerah di eks Karesidenan Surakarta. Beberapa daerah sekitar Kota Solo ingin maju bersama dalam satu wadah. Dengan menggabungkan nama daerah dalam satu wadah memudahkan cara "menjual" secara serentak, tidak sepotong-sepotong atau daerah per daerah.

Membentuk brand image memang bukan pekerjaan mudah. Butuh waktu lama. Belum lagi biaya. "Kenapa harus Subosukawonosraten? Nama itu tak menjual. Nama itu ndesani," ujar teman. Ia menyarankan agar "Subosukawonosraten" diganti saja dengan "Solo Raya". Nama itu lebih singkat sehingga mudah dihafal. Namun yang lebih penting lagi nama Solo sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara. Nama Solo sudah melegenda.

:cheers2: Sumber : http://www.suaramerdeka.com/harian/0511/15/slo08.htm
 

·
member of skullers
Joined
·
613 Posts
^^^^
selamat atas trit baru, secara gw orang ngawi-sukoharjo blasteran sama sragen-karanganyar,

salama ini kalo mau ngepos tentang boyolali atau sragen mesti bingung mau masuk ke greater jateng apa mau masuk ke solo raya,
sim salabim jadilah thread ini...:banana:
 

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #3 · (Edited)
Subosukawonosraten Pacu Pertumbuhan Ekonomi,
Diperlukan Kerjsama Semua Pihak



SOLO RAYA - Dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah bagian selatan, Pemerintah Kabupaten/Kota se wilayah Subosukawonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten) melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKMK.

Penandatanganan berlangsung pada Rabu kemarin (11/1/2012), di Graha Solo Raya Jl. Slamet Riyadi Surakarta, yang dilakukan oleh para Kepala SKPD se wilayah Subosukawonosraten yang membidangi perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKMK.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk mewujudkan keterpaduan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi se-wilayah Subosukawonosraten, yang meliputi pengembangan ekonomi kreatif, promosi dan pemasaran bersama, bantuan sarana dan prasarana, bantuan modal dan penguatan kelembagaan koperasi dan pemberdayaan UKMK, fasilitasi hak atas kekayaan intelektual, pengawasan dan pengendalian distribusi barang, fasilitasi advokasi, dan monitoring dan evaluasi tugas pembantuan dari Provinsi maupun Pusat.

Dalam sambutannya, Deputy Menteri Negara Koperasi dan UKM RI Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Nedy Rafinaldi Halim mengatakan bahwa dalam rangka pertumbuhan ekonomi diperlukan terobosan dan implementasi riil serta kerjasama terpadu semua pihak dalam mengangkat industri, perdagangan, koperasi dan UKM.



:cheers1: Sumber : http://www.jatengprov.go.id/?document_srl=24435


*data 2016
 

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #4 ·
^^^^
selamat atas trit baru, secara gw orang ngawi-sukoharjo blasteran sama sragen-karanganyar,

salama ini kalo mau ngepos tentang boyolali atau sragen mesti bingung mau masuk ke greater jateng apa mau masuk ke solo raya,
sim salabim jadilah thread ini...:banana:
:) Semua tentang wilayah se-eks Karesidenan Surakarta kita posting disini yah.. Tapi tetep kita batasin aja wilayah bahasannya, untuk membedakan mana yang masuk Thread [SOLO] P&D dan thread [SOLO RAYA].

Batas Solo Timur: Palang kereta api Palur,
Batas Solo Selatan: Jembatan Bacem / Solo Baru,
Batas Solo Barat: Kartasura / Kandang Menjangan
Batas Solo Utara: Bandara Internasional Adi Soemarmo & Ringroad Kebak Kramat.

Selebihnya, monggo di-post disini... :cheers2: cmiiw
 

·
Enjoy di Joglosemar !
Joined
·
10,805 Posts
Selamat untuk trit barunya :applause:


Sebagai warga blasteran juga, guwe dukung penuh deh kelahiran trit ini.
 

·
Registered
Joined
·
169 Posts
selamat trit barunya...
jujur masih sering bingung tentang batas wilayah di kota solo.
soalnya daerah perbatasan juga sama2 ramai.
batas fisiknya jd gag jelas...contoh kartosuro itu.maju terus .ujuk-ujuk dah ketemu solo square :D
 

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #9 ·
selamat trit barunya...
jujur masih sering bingung tentang batas wilayah di kota solo.
soalnya daerah perbatasan juga sama2 ramai.
batas fisiknya jd gag jelas...contoh kartosuro itu.maju terus .ujuk-ujuk dah ketemu solo square :D
:lol: Bener Mas silver railegh, wilayah Dusun Kartasura begitu maju dan mepet dengan Kota Solo bagian barat. Makanya untuk Kartasura tidak akan kita bahas di thread [SOLO RAYA] ini, karena seakan sudah menyatu dengan pembangunan di Kota Solo. Seperti daerah Fajar Indah & Klodran Colomadu juga.. :D

Siip deh.. Semoga untuk pembangunan di wilayah kabupaten lainnya bisa ter-cover dalam thread ini.
:eek:kay: Ditunggu kontribusinya Mas Silver Railegh ya...
 

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #11 ·
Kabupaten Boyolali

proyek pemindahan kantor pemkab Boyolali jadi nggak tuh?
Senin, 05/3/2012

RELOKASI PEMKAB BOYOLALI:
Bekas Kantor Kabupaten Akan Jadi Hutan Kota


Akan seperti apa kondisi kompleks bekas kantor Kabupaten Boyolali setelah semua perkantoran direlokasi ke Kemiri, Mojosongo? Ternyata menurut Bupati Boyolali, Seno Samodro, tempat tersebut akan diubah menjadi hutan atau taman kota dengan konsep seperti Istana Bogor.

Kompleks kantor kabupaten yang terletak di Kelurahan Siswodipuran, Boyolali Kota itu bakal kosong setelah pembangunan kantor terpadu di Kemiri rampung. Bupati menyebut boyongan ke Kemiri direncanakan berlangsung pada Juni 2013 bertepatan dengan ulang tahun Kota Susu. Sedangkan pembangunan 18 kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ditarget rampung pada akhir tahun ini.

“Kami sudah memikirkan, konsepnya seperti apa. Rumah dinas bupati yang ada di sana akan dikembalikan ke wujud aslinya, seperti pada tahun 1970-an. Tetapi memang sedikit dimodernisasi. Sedangkan bangunan-bangunan lain akan dihancurkan, jadi hanya tersisa rumah dinas tersebut. Kawasan sekitarnya dijadikan hutan, seperti di istana Bogor itu,” kata Seno.

:cheers: Sumber : http://www.solopos.com/2012/boyolal...-kantor-kabupaten-akan-jadi-hutan-kota-167710
 

·
Registered
Joined
·
8,477 Posts
Selamat buat tread baru SUBOSUKAWONOSRATEN, :)

Di Peta, Solo keliatan cuilik dewe ya, bayangke Sukoharjo luasnya udah segitu, tambah Wonogiri paling luas sendiri
 

·
I am Solo
Joined
·
14,048 Posts
Discussion Starter · #13 · (Edited)
Kabupaten Sukoharjo

^^ Mas DuduArchie, Untuk postinganmu saya reposted ke sini yah!

Pembangunan & Kemajuan di Kabupaten Sukoharjo






^^ Ruko & Perumahan baru di Jalan Solo - Sukoharjo





^^ Patung Tani - Sukoharjo Kota ( Patung penyambut masuk wilayah Sukoharjo Kota )
Streetscape Jalan Solo - Sukoharjo - Wonogiri ( sangat lebar jalannya )






^^ Butik & Showroom Fashion Village - Sritex ( JL.Solo - Sukoharjo)
 

·
...is the art of space
Joined
·
9,332 Posts
...sekilas pembangunan di Solo Raya

Newly opened ...Palur Plasa, Karanganyar


Proposed Hotel BINTANG, Sragen


...ini yg bbrp waktu lalu sempat jadi berita:
Konsep Pra Desain Kawasan Pendidikan, Perumahan dan Resort di utara Waduk Cengklik, Boyolali


Perencanaan Komplek Pondok Putri Darul Hijrah (Luas 9.500 m2) di Jl. Semen Romo Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo


Masterplan RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro, Tegalyoso, Klaten


Newly opened ...Museum Karst Dunia, Wonogiri
 

·
...is the art of space
Joined
·
9,332 Posts
lingkaran birunya kapan ya terealisasinya?? apalagi lingkaran merahnya, klaten kebagian juga cuy!!
^^Yang lingkaran biru kemungkinan bisa terealisasi tapi per-segmen atau sepotong-sepotong

...kalau lingkaran merah sepertinya masih visi, rencana konkretnya msh awang2 dan kalaupun direalisasikan bentuknya tidak full circle seperti itu :)
 
1 - 20 of 4264 Posts
Top