SkyscraperCity banner

6781 - 6800 of 6822 Posts

·
Registered
Joined
·
140 Posts

·
Registered
Joined
·
885 Posts
Kok ada yang janggal yah,, katanya 1 grup dengan summarecon. Dari dulu summarecon gak pernah invest funding dari investor negara lain. Mereka pinjam modal dari bank lokal.


Invest langsung dari 2 negara donor (malaysia dan filipina), lebih gak mungkin lagi. Konsep business to business biasanya hanya antar 2 negara (donor dan induk). Tidak akan pernah 3 atau 4 negara. Konsep joint venture antar 2 negara donor juga gak mungkin karena perbedaan regulasi investasi. Konsep government to government lebih gak mungkin lagi, pasti mengandalkan soft loan. Negara mana yang mau ngasih soft loan saat ini.

Ambil contoh mau bangun pabrik yang return of value nya tinggi, pasti investasinya hanya berasal dari 1 negara investor macam china, jepang, korea. Apalagi hanya proyek perumahan dan superblock yang belum tentu akan laku.

Yaah let see, like what i said, still out of imagination untuk proyek ini bisa jadi kenyataan...
 

·
Mas bro
Joined
·
1,325 Posts
Kok ada yang janggal yah,, katanya 1 grup dengan summarecon. Dari dulu summarecon gak pernah invest funding dari investor negara lain. Mereka pinjam modal dari bank lokal.


Invest langsung dari 2 negara donor (malaysia dan filipina), lebih gak mungkin lagi. Konsep business to business biasanya hanya antar 2 negara (donor dan induk). Tidak akan pernah 3 atau 4 negara. Konsep joint venture antar 2 negara donor juga gak mungkin karena perbedaan regulasi investasi. Konsep government to government lebih gak mungkin lagi, pasti mengandalkan soft loan. Negara mana yang mau ngasih soft loan saat ini.

Ambil contoh mau bangun pabrik yang return of value nya tinggi, pasti investasinya hanya berasal dari 1 negara investor macam china, jepang, korea. Apalagi hanya proyek perumahan dan superblock yang belum tentu akan laku.

Yaah let see, like what i said, still out of imagination untuk proyek ini bisa jadi kenyataan...
Betul mas dika, gk realistis banget..apalagi d situasi kyk skrg, sekelas sumarecon pasti lbh hati2 dan selektif untuk bikin proyek d kota2 kls 3 yg blm jelas marketnya, apalagi plan kucuran dananya sp 4 T....hoak banget nih....kondisi skrg bnyak pengembang yg megap2 dan.memilih hold atau menunda expansi proyeknya...lagian di tasik apartement kyknya blm ada demant nya...hunian landed house msh bnyak dan msh jd primadona...
 

·
Registered
Joined
·
885 Posts
Betul mas dika, gk realistis banget..apalagi d situasi kyk skrg, sekelas sumarecon pasti lbh hati2 dan selektif untuk bikin proyek d kota2 kls 3 yg blm jelas marketnya, apalagi plan kucuran dananya sp 4 T....hoak banget nih....kondisi skrg bnyak pengembang yg megap2 dan.memilih hold atau menunda expansi proyeknya...lagian di tasik apartement kyknya blm ada demant nya...hunian landed house msh bnyak dan msh jd primadona...
Iyaa benar mas harry. Sekelas summarecon invest di karawang aja gak berani bangun apartemen, hanya rumah tapak saja, mall juga cuma ada di render buat narik minat pembeli, tapi untuk bangun nya, masih pikir2 sampe sekarang.

Apartemen? lets compare sama kota2 penyangga di greater jakarta yang agak jauhan kayak di karawang atau bogor kota. apartemen di karawang enggak laku. bogor juga enggak laku, sebagian dialih fungsikan menjadi hotel, apalagi orang2 kaya tasikmalaya yang prinsip nya punya rumah + kebon segede gaban + balong seluas mata memandang. untuk yang menengah kebawah, prinsip nya punya rumah +halaman belakang buat jemuran + halaman depan buat taneman ala ala. mindset ini sebenarnya bukan hanya terjadi di tasikmalaya saja, tetapi di cirebon, atau di manapun di indonesia termasuk jakarta. itulah kenapa apertemen di jakarta banyak yang sepi, malah beli rumah tapak di kawasan2 nun jauh dari pusat jakarta kayak di citayam, maja, tigaraksa, serpong, bintara, sampe ujung bogor, cikarang, atau balaraja.

Ayo compare lagi sama apartemen di bandung, saya pernah main ke apartemen skyland jatinangor, kosong melompong di banyak lantai. sebagian dijadikan hotel sahid. apartemen kayaknya susah (banget).

RS masih masuk akal, but FYI. summarecon gak pernah bangun rumah sakit dimana pun. kalaupun bangun rumah sakit artinya investor lain yang beli tanah di kawasan summarecon terus bangun RS.

Mall masuk akal, tasik emang butuh mall untuk mengalahkan AP. saya dukung kalau hanya mall saja tanpa embel2 fantastis & bombastis
 

·
Registered
Joined
·
140 Posts
apakah Jalur 2 Jalan Gub Sewaka masuk KKOP ?
Betul mas dika, gk realistis banget..apalagi d situasi kyk skrg, sekelas sumarecon pasti lbh hati2 dan selektif untuk bikin proyek d kota2 kls 3 yg blm jelas marketnya, apalagi plan kucuran dananya sp 4 T....hoak banget nih....kondisi skrg bnyak pengembang yg megap2 dan.memilih hold atau menunda expansi proyeknya...lagian di tasik apartement kyknya blm ada demant nya...hunian landed house msh bnyak dan msh jd primadona...
Nah itu. Makanya dari awal muncul berita dan liat maketnya kaya kurang meyakinkan. Malah dipikiran saya kayanya ini mah cuma bangun cluster landed house tapi yang ekslusif. Mall, hotel dan apart cuma pemanis marketing maybe
 

·
Mas bro
Joined
·
1,325 Posts
Nah itu. Makanya dari awal muncul berita dan liat maketnya kaya kurang meyakinkan. Malah dipikiran saya kayanya ini mah cuma bangun cluster landed house tapi yang ekslusif. Mall, hotel dan apart cuma pemanis marketing maybe
Kbnyakan di PHP in nih tasik...bnyak rumor hotel dan mall akan d bangun,bahkan sdh gembar gembor di media cetak...tp hnya bbrpa biji yg jadi...mulai dr hazet mall, mal d karangresik, tasik square d bks kantor bupati, mall di gedung koprasi, mall d bks terminal lama dan skrg superblok....semuanya serba gk jelass.....knp ya..?🤓
 

·
Registered
Joined
·
885 Posts
Dulu gembar gembornya yg d sebrang hotel grand metro itu lahan hotel whize prime, ternyata skrg malah mau d bangun gedung OJK....sayang banget,pdhal super kuas dan super strategis lokasinya...
Setahu saya lokasi whiz prime itu bukan di depan hotel metro kang. Tapi di sebelah selatan TMC. Dekat dengan Asia Plaza.

Astagaaaaa,, di hazet mau dibangun gedung OJK? lokasi super duper strategis cuma dibangun gedung 4 lantai. Emang sih OJK hanya di kota kota utama yang jadi pusat2 keuangan.

Harusnya lokasi nya jangan di Hazet, nun jauh di pinggir kota saja.

Kecewaaaaaaa.......
 

·
Mas bro
Joined
·
1,325 Posts
Setahu saya lokasi whiz prime itu bukan di depan hotel metro kang. Tapi di sebelah selatan TMC. Dekat dengan Asia Plaza.

Astagaaaaa,, di hazet mau dibangun gedung OJK? lokasi super duper strategis cuma dibangun gedung 4 lantai. Emang sih OJK hanya di kota kota utama yang jadi pusat2 keuangan.

Harusnya lokasi nya jangan di Hazet, nun jauh di pinggir kota saja.

Kecewaaaaaaa.......
Betul banget mas...sayang banget y...pdhal lahannya luas banget...cocok banget buat bangunan komersial..entah itu mall atau hotel....sayang bnget kl cm buat kantor OJK...tau nih whize prime kbrnya ngilang......di web nya jg dah gk ada...besar kmgkinan batal....
 

·
Registered
Joined
·
140 Posts
Setahu saya lokasi whiz prime itu bukan di depan hotel metro kang. Tapi di sebelah selatan TMC. Dekat dengan Asia Plaza.

Astagaaaaa,, di hazet mau dibangun gedung OJK? lokasi super duper strategis cuma dibangun gedung 4 lantai. Emang sih OJK hanya di kota kota utama yang jadi pusat2 keuangan.

Harusnya lokasi nya jangan di Hazet, nun jauh di pinggir kota saja.

Kecewaaaaaaa.......
Iya sayang sekali lahan se premium itu cuma di jadiin kantor OJK. Andai kalo 8 lt atau lebih sih oke oke aja, cuma sygnya ini 4 lantai doang hadeuu. Jadi keinget dulu katanya lahan depan AP mau di bangun hotel tapi ternyata malah kantor bprks

Btw kalo liat di maps lahan kosong di depan RS TMC itu sangat luas sekali loh. Terus ada juga lahan kosong sebelah AP, semoga aja kedepannya lahan itu dibangun sesuatu yg prestigious hmmm
 

·
Registered
Joined
·
108 Posts
Dulu gembar gembornya yg d sebrang hotel grand metro itu lahan hotel whize prime, ternyata skrg malah mau d bangun gedung OJK....sayang banget,pdhal super kuas dan super strategis lokasinya...
saya repost buat di IG story ya Mas. thanks.
 

·
Mas bro
Joined
·
1,325 Posts
Ini beneran mau diupgrade ke grand yogya ? Tenant luar yogya group yg sudah buka di sini apa saja
Infonya om....tp gk tau lah...soalnya tokonya sempit, sumpek dan nyaris gk ada space tersisa...ciri khas yogya banget...dimana mana sumpek..., paling dr intern yogya sdri om..kyk bread.co, bolen lilit, chicken sumo,kabobs dll....texas chicken aja dah out...
 
6781 - 6800 of 6822 Posts
Top