SkyscraperCity banner

1 - 20 of 1412 Posts

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #1

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #2
Pembangunan Tol Cikampek-Palimanan Dimulai
Oleh: Asep Mulyana
Jabar - Kamis, 8 Desember 2011 | 18:42 WIB




INILAH.COM, Purwakarta - Setelah menunggu hampir lima tahun, akhirnya pembangunan Tol Cikampek-Palimanan segera terealisasi. Hari ini, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mencanangkan pembangunan jalan tol sepanjang 116,754 km tersebut.

Adapun konstruksi proyek tol ini, akan dimulai dari persimpangan Cikopo, Purwakarta.

Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan pembangunan jalan tol tersebut dimulai hari ini. Adapun target pelaksanaannya sampai 2014. Selain itu, tanah yang dibutuhkan untuk konstruksi seluas 1.022 hektare. Saat ini, sudah 90% yang telah dibebaskan yakni seluas 952 hektare. Sisanya sedang proses penyelesaian dan ditargetkan selesai Maret 2012.
read more: http://www.inilahjabar.com/read/detail/1805564/pembangunan-tol-cikampek-palimanan-dimulai
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #3
Galeri Foto



Dari kiri-kanan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menteri Kerja Raya Malaysia Datuk Seri Shaziman Bin Abu Mansor, Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya Muhammad Fadzil, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Direktur Utama PT Baskhara Utama Sedaya Sandiaga S Uno melakukan pencanangan pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (8/12). Ruas jalan tol sepanjang 116 km ini merupakan bagian penting dari ruas jalan tol lintas Jawa yang akan mengoptimalkan distribusi barang dan transportasi dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. (FOTO ANTARA/ Dhoni Setiawan)






Pekerja mengerjakan proyek pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (8/12). Ruas jalan tol sepanjang 116 km ini merupakan bagian penting dari ruas jalan tol lintas Jawa yang akan mengoptimalkan distribusi barang dan transportasi dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. (FOTO ANTARA/ Dhoni Setiawan)

Source: http://www.antaranews.com/foto/2/25077/tol-cikampek-palimanan
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #4
Kamis, 08/12/2011 14:17 WIB
Cikampek-Palimanan, Proyek Tol Malaysia Pertama di Indonesia
Suhendra - detikFinance


Purwakarta - Proyek tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116 Km menjadi proyek tol pertama yang akhirnya terealisasi oleh investor asal Malaysia. Perusahaan pemegang konsesi tol yaitu Lintas Marga Sedaya (LMS) mayoritas sahamnya dipegang oleh Plus Expressways Berhad pemegang konsensi tol terbesar di Malaysia.

"Iya, ini proyek tol pertama yang sudah terealisasi oleh investor Malaysia," kata Kepala BPJT Achmad Gani Ghazali di sela-sela acara groundbreaking, di Cikopo, Purwakarta, Kamis (8/12/2011)

Menteri Kerja Raya Malaysia Datuk Seri Shaziman Bin Abu Mansor mengatakan akan mengedepan profesionalisme dalam pembangunan dan pengoperasian tol yang digarap oleh perusahaan mereka meski ini yang pertama di Indonesia.
read more: http://finance.detik.com/read/2011/12/08/141754/1786140/4/cikampek-palimanan-proyek-tol-malaysia-pertama-di-indonesia?991101mainnews
 

·
Jiva & Kasabian
Joined
·
12,059 Posts
^^ hmmmm....gak kebayang aja kedepannya gimana tuh jaringan jalan di jakarta :|
akses semakin mudah keluar masuk, sementara jaringan jalan di jakarta hanya tumbuh sekian persen saja...

termasuk bandung pastinya, bakalan rawan juga seperti jakarta
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #6
iya, harus diiringi dengan penambahan proyek infrastruktur dalam kota.. juga jangan lupa transportasi masalnya, MRT, dsb.
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #8
^^ Cisumdawu sedang persiapan site.. groundbreakingnya Januari 2012 menurut berita..
 

·
Pengguna Jelata
Joined
·
2,813 Posts
Gubernur Jabar Dorong Pembangunan Tol Cikapali

INILAH.COM, Bandung - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Kementerian Pekerjaan Umum atas pencanangan proyek infrastruktur berupa pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Hal ini merupakan bukti keseriusan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah dan segenap stakeholders pembangunan infrastruktur lainnya.

“Kehadiran proyek tersebut dalam rangka penguatan struktur perekonomian daerah melalui optimalisasi distribusi barang, jasa dan transportasi, khususnya dari daerah Jawa Barat, termasuk kawasan Jabodetabek ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur maupun sebaliknya, sekaligus menjadi jalur alternatif baru untuk mengatasi kemacetan di daerah Cikampek, Palimanan dan sekitarnya,” ujar Heryawan pada acara Pencanangan Pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan di Pintu Tol Cikopo Cikampek, Kamis (8/12/2011).

Menurut Heryawan, ketersediaan kuantitas dan kualitas infrastruktur jaringan jalan merupakan prasyarat utama dalam pengembangan dan pembangunan wilayah, guna memacu laju pertumbuhan perekonomian daerah.

Pergerakan barang dan jasa akan lebih optimal apabila didukung oleh jaringan jalan yang representatif, dimana salah satunya dipenuhi melalui keberadaan jalan tol. "Pembangunan dan peningkatan kualitas jaringan jalan tol menjadi prioritas pembangunan infrastruktur perhubungan strategis di wilayah Jawa Barat,” paparnya.

Lebih lanjut Heryawan menyatakan, realisasi pembangunan berbagai ruas jalan tol di Jabar termasuk di dalamnya dengan akan dibangunnya ruas Tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116,754 km, yang dilaksanakan dengan semangat public private partnership (PPP) oleh PT Lintas Marga Sedaya, sebagai hasil kerja sama yang baik antara pemerintah, pemerintah provinsi dan daerah, lembaga keuangan serta para investor.

“Pembangunan Jalan Tol Cikampek-Palimanan, sejalan dengan misi Kementerian Pekerjaan Umum dalam rangka menyediakan infrastruktur berkualitas, aman dan ramah lingkungan bagi masyarakat, sekaligus mendukung program nasional One Billion Indonesian Trees (OBIT) melalui penanaman 25.000 pohon lebih dengan 80 jenis pohon yang
berbeda di sepanjang jalur Cikampek-Palimanan,” tegasnya.[jul]

http://m.inilah.com/read/detail/1805654/gubernur-jabar-dorong-pembangunan-tol-cikapali
 

·
member of skullers
Joined
·
613 Posts
Jabar emang selalu maju dalam pembangunan jalan toll, wong2 jowo kaya aku pasti ngiri :nuts:

btw, sepertinya jika tol ini selesai, dialah seksi tol terpanjang di Indonesia, bayangin, 100 km lebih
CMIIW
 

·
Rian13
Joined
·
1,438 Posts
Jabar emang selalu maju dalam pembangunan jalan toll, wong2 jowo kaya aku pasti ngiri :nuts:

btw, sepertinya jika tol ini selesai, dialah seksi tol terpanjang di Indonesia, bayangin, 100 km lebih
CMIIW
^^
Bukannya Jateng-Jatim lagi garap tol juga ya mas? tapi yang penting nanti Tol dari Banten sampe Jawa Timur sambung menyambung jadi Trans Jawa :banana:
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #14
^^ mungkin belum mas, gw yakin ruas2 tol tersebut ga lama lagi akan dimulai kok :) Kalau Jabar kebetulan start-nya aja yang agak cepat..

ga sabar menanti Trans Jawa :cheers:
 

·
member of skullers
Joined
·
613 Posts
^^ mungkin belum mas, gw yakin ruas2 tol tersebut ga lama lagi akan dimulai kok :) Kalau Jabar kebetulan start-nya aja yang agak cepat..

ga sabar menanti Trans Jawa :cheers:
nggak papa mas, iri yang semacam ini perlu ditumbuhkan. Karena iri yang positif, asal segera dilanjuti dengan tindakan nyata... :banana:
 

·
TomCat
Joined
·
97 Posts
^^ mungkin belum mas, gw yakin ruas2 tol tersebut ga lama lagi akan dimulai kok :) Kalau Jabar kebetulan start-nya aja yang agak cepat..

ga sabar menanti Trans Jawa :cheers:
wuuihh panjang kalii tracknya yg q tau 116 km kang, jd pgn tau detil teknisnya ky lebar jln ama beton penyangganya apa sama ky yg d flyover paspati bandungkah brrti plng panjang yah kang CP..:cheers:

oh ya btw trans jawa nyambungnya dr bakrie tol kang kanci-pejagan kang scr prnh lwt pas d pejagan dah ready beton2 penyangganya kang CP..:)
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #18 (Edited)
^^ kalau detail teknisnya gw ga tau bro :) mungkin yang lain ada yang lebih tau?

setau gw, ruas Cikampek-Palimanan ini yang terpanjang se Indo (CMIIW).

nantinya ruas ini akan bertemu dengan Cisumdawu (dari arah barat daya) membentuk semacam pertigaan. nah, Cikapali ini terus lanjut ke arah timur sehingga akan bertemu dengan ruas Palikanci >>>>> lanjut ke ruas kanci-pejagan >>>>>>> Jateng :cheers:
 

·
TomCat
Joined
·
97 Posts
^^ kalau detail teknisnya gw ga tau bro :) mungkin yang lain ada yang lebih tau?

setau gw, ruas Cikampek-Palimanan ini yang terpanjang se Indo (CMIIW).

nantinya ruas ini akan bertemu dengan Cisumdawu (dari arah barat daya) membentuk semacam pertigaan. nah, Cikapali ini terus lanjut ke arah timur sehingga akan bertemu dengan ruas Palikanci >>>>> lanjut ke ruas kanci-pejagan >>>>>>> Jateng :cheers:
wuuih bujubuneng brrt paling pnjng d indo yah mantaff infonya kan CP..:eek:kay: ntar diantara 2 tol ini akan ada bandara BIJB yah kang CP so far progresnya msh dlm pembebasan lahan yah..mudah2an terealisasi yah kang..:) jd penasaran ama sitenya cisumdawu..:D
 

·
Built To Last
Joined
·
19,778 Posts
Discussion Starter #20
amin... progressnya udah kelihatan kok bro, udah dimulai semuanya :cheers:
 
1 - 20 of 1412 Posts
Top